(TUTORIAL) memproses pesanan/order pada opencart

Memproses pesanan

Langkah:

1. Anda dapat mengubah Order Status ke Processing ketika pembayaran dari seorang pelanggan telah selesai dilakukan melalui transfer bank. Anda dapat menginformasikan pelanggan dengan mencentang Notify Customer. Apa yang Anda tuliskan di Comment, akan dikirimkan ke email pelanggan. Klik Add Order History untuk melanjutkan.Gambar berikut menampilkan info yang pelanggan dapatkan melalui email.Informasi di atas akan tersimpan di halaman Order History seperti gambar berikut ini:2. Misal, Anda siap untuk mengirim barang yang dipesan. Klik tombol Generatedi tab Order Details | Invoice ID untuk mendapatkan kode dari tagihan secara otomatis dari sistem. 3. Anda dapat mencetak tagihan dengan mengklik tombol Print Invoice.Gambar berikut menunjukkan tagihan. Perhatikan informasi tentang toko, alamat pembayaran dan pengiriman, dan barang yang akan dikirim.4. Anda dapat mengubah Order Status menjadi Shipped setelah pengiriman benar-benar telah dilakukan. Akan lebih baik lagi jika Anda memberitahu pelanggan dengan mencentang Notify Customer dan menuliskan diComment untuk dikirim ke email pelanggan. Klik tombol Add Order Historyuntuk melanjutkan.Gambar berikut menampilkan isi email yang akan diterima pelanggan tentang pengiriman.

5. Ketika pengiriman barang telah sampai di tempat pelanggan, maka lakukan pengubahan Order Status menjadi Complete di tab Order History. Anda tidak perlu menginformasikan pelanggan karena mereka sudah mendapatkan produk yang dipesan sehingga Notify Customer tidak dicentang.6. Anda dapat melihat semua perubahan pada Order Status di tab Order History.

Jika Anda telah membayar jasa pengiriman, tetapi stok barang Anda habis, maka Anda dapat mengubah Order Status menjadi Cancelled. Lihatlah status pesanan yang telah didefinisikan dan ubahlah sampai Anda melakukan pengembalian dana kepada pelanggan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *